Konsentrasi : Energi, Industri dan Lingkungan
Panduan Pendaftaran Mahasiswa Baru
No announcement available or all announcement expired.
MTS Channel on Youtube
Pendaftaran Online
Aspirasi Anda

Tentang MTS FT UGM

LATAR BELAKANG

KONSENTRASI TEKNIK SISTEM ENERGI

Program Magister Teknik Sistem Konsentrasi Teknik Sistem Energi diselenggarakan guna menanggapi tantangan pembangunan sistem tenaga listrik di tingkat daerah.

Program Magister Teknik Sistem Konsentrasi Teknik Sistem Energi ditujukan untuk pihak-pihak yang terkait dengan pembangunan daerah dalam  menyediakan tenaga ahli yang handal bidang Teknik Sistem Energi Terbarukan di Kabupaten/Kota maupun Propinsi. Hal tersebut dalam rangka memanfaatkan sebesar-besarnya potensi sumber-daya air untuk menghasilkan tenaga listrik karena Indonesia mempunyai potensi tenaga air sebesar 75.000 MW dan saat ini baru 2,5 % potensi tersebut termanfaatkan.

TUJUAN PENDIDIKAN TEKNIK SISTEM ENERGI

Menyiapkan Sumber Daya Manusia sebagai tenaga profesional yang mampu memahami permasalahan yang ada dan mampu membuat penyelesaiannya dengan merencanakan dan mengambil keputusan tentang strategi pengelolaanenergi terbarukan secara terpadu dan berkesinambungan, mampu melakukan studi potensi energi terbarukan, membuat peralatan, membangun, mengoperasikan dan memelihara bangunan energi terbarukan.

Sumberdaya manusia dimaksud adalah semua pihak yang berperan dalam pengelolaan dan pengembangan sistem energi di tingkat Kabupaten, Kota, dan Propinsi dari berbagai disiplin penugasan. Mereka perlu menguasai pemahaman tentang pengelolaan energi Terbarukan melalui pendekatan teknis maupun non-teknis. Dengan sumberdaya manusia yang berpendidikan Magister Teknik Sistem Konsentrasi Teknik Sistem Energi diharapkan perancangan, pengkonstruksian, pemeliharaan dan pengelolaan sistem energi pada suatu daerah dapat terselenggara secara optimal dan berkesinambungan dari aspek teknologi, ekonomi, sosial, lingkungan dan perundang-undangan.

Sebagai perkuliahan konsentrasi khusus, selama mengikuti program akan diberikan pengetahuan akademis dan praktis mengenai pengembangan Teknologi Energi Terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga angin, panas bumi, surya, dll.


KONSENTRASI TEKNIK SISTEM INDUSTRI

Secara menyeluruh, pembangunan fisik yang berhasil ditentukan oleh adanya perencanaan, perancangan, pengelolaan, organisasi, dan SISTEM yang baik dan tepat. Untuk inilah Fakultas Teknik UGM, yang mempunyai 11 (Sebelas) program studi, sejumlah besar staf pengajar yang handal, dan berbagai fasilitas laboratorium yang relevan dengan kebutuhan pembangunan fisik, bermaksud menawarkan Program Magister Sistem Teknik Konsentrasi Teknologi Industri Kecil dan Menengah dalam menanggapi tantangan pembangunan industri kecil-menengah di tingkat daerah.

Dalam konteks Otonomi Daerah, yang berarti desentralisasi kebijakan dan tanggung jawab pembangunan, maka Program Magister Teknik Sistem Konsentrasi Teknik Sistem Industrii termasuk kecil & menegah terutama dimaksudkan untuk pihak-pihak yang terkait dengan pembangunan daerah dalam menyediakan tenaga ahli yang handal di bidang industri kecil dan menengah di tingkat kabupaten/kota maupun propinsi. Hal tersebut dalam rangka memanfaatkan sebesar-besarnya potensi sumberdaya alam untuk menghasilkan produk yang bernilai ekonomis.

TUJUAN PENDIDIKAN TEKNIK SISTEM INDUSTRI
Menyiapkan sumberdaya manusia (SDM) sebagai tenaga profesional yang mampu memahami dan menguasai teknologi penyelesaian permasalahan, pembuatan peralatan, pengoperasionalan,perencanaan, serta pengembangan  Industri  yang memanfaatkan sumber daya alam daerah secara terpadu dan berkesinambungan.

Dengan SDM yang berpendidikan Magister Teknik Sistem, diharapkan permasalahan industri termasuk kecil dan menengah di daerah masing-masing dapat ditangani secara optimal dan berkesinambungan berdasar pendekatan teknis, analitis, ekonomis, dan manajerial.

Disamping hal tersebut di atas diharapkan SDM profesional ini mampu menjembatani kebijakan dari atas dan realisasi pelaksanaan di lapangan. SDM profesional ini juga sekaligus sebagai motivator tenaga profesional menengah ke bawah untuk lebih meningkatkan kemauan dan kemampuan dalam menangani persoalan tentang industri kecil dan menengah.


KONSENTRASI TEKNIK SISTEM LINGKUNGAN

Konsep penyelesaian masalah sampah/limbah perkotaan perlu dilakukan secara sistematis (sistemik) dengan memadukan Teknologi Interfakultatif yang didukung dengan Community Development. Untuk inilah Fakultas Teknik UGM, yang mempunyai 10 (sepuluh) program studi, sejumlah besar staf pengajar yang handal, dan berbagai fasilitas laboratorium yang relevan dengan kebutuhan pembangunan fisik, menawarkan

Program Magister Teknik  Sistem Konsentrasi Teknologi Teknik Sistem Lingkungan dalam menanggapi tantangan penanganan sampah/limbah di tingkat daerah.

Dalam konteks Otonomi Daerah, yang berarti desentralisasi kebijakan dan tanggung jawab pembangunan, maka Program Magister Teknik  Sistem Konsentrasi Teknik Sistem Lingkungan ini terutama dimaksudkan untuk pihak-pihak yang terkait dengan pembangunan daerah dalam menyediakan tenaga ahli yang handal di bidang pengelolaan dan pemanfaatan sampah/limbah di tingkat kabupaten/kota maupun propinsi. Hal tersebut dalam rangka penanganan sampah/limbah perkotaan agar dapat dikelola dan dimanfaatkan secara optimal, seperti seharusnya.

TUJUAN PENDIDIKAN TEKNIK SISTEM LINGKUNGAN
Tujuan penyelenggaraan Program
Magister Teknik  Sistem Konsentrasi Teknik Sistem Lingkungan adalah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai tenaga profesional yang mampu merancang dan mengimplementasikan teknik pengelolaan dan pemanfaatan sampah/limbah perkotaan. Sumber Daya Manusia yang dimaksud perlu menguasai pembuatan mesin pengolah sampah dengan mempergunakan metode kimia dan fisika pengolahan sampah serta menguasai pendekatan socio- engineering di lapangan.

Dengan sumberdaya manusia yang berpendidikan Magister Teknik  Sistem Konsentrasi Teknik Sistem Lingkungan diharapkan perancangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sampah/limbah pada suatu daerah dapat ditangani secara optimal dan benar. SDM profesional ini juga sekaligus sebagai motivator tenaga profesional menengah ke bawah untuk lebih meningkatkan kemauan dan kemampuan dalam menangani persoalan pengelolaan dan pemanfaatan sampah/limbah perkotaan serta menjadi pendorong kesadaran masyarakat umum untuk menjaga kebersihan lingkungannya dengan membantu menangani sampah/limbah sebaik-baiknya.

KURIKULUM

Kurikulum Program Studi Magister Teknik Sistem Konsentrasi Teknik Sistem Energi, Teknik Sistem Industri, Teknik Sistem Lingkungan terdiri atas Kelompok Mata Kuliah Wajib Teknik Sistem (21 SKS), Kelompok Mata Kuliah Pilihan Anjuran  (10 SKS), Kelompok Mata Kuliah Pilihan Bebas (4 SKS) dan Tesis (8 SKS). Mata Kuliah Wajib Teknik Sistem memuat pengetahuan fundamental teknik  sistem. Sedangkan mata kuliah Pilihan Anjuran dan Pilihan Bebas memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk memperdalam teknik sistem pada obyek sistem yang disediakan yaitu pada Minat Teknik Sistem Energi, Minat Teknik Sistem Industri, dan Minat Teknik Sistem Lingkungan.

Kurikulum Program Magister Teknik Sistem Konsentrasi Teknik Sistem Energi, Teknik Sistem Industri, Teknik Sistem Lingkungan dijabarkan dalam bentuk mata kuliah dengan bobot keseluruhan sebanyak 43 SKS dengan rincian sebagai berikut :

NO
MATA KULIAH
BOBOT TOTAL
1
Mata Kuliah Wajib Program Studi
21 SKS
2
Mata Kuliah Pilihan Anjuran
10 SKS
3
Mata Kuliah Pilihan Bebas
4 SKS
4
Tesis (Wajib)
8 SKS
 
TOTAL SKS
43 SKS

 

1 Mata Kuliah Wajib Program Teknik Sistem (21 SKS) memuat pengetahuan fundamental Teknik Sistem yaitu: Asas dan Penerapan Teknik Sistem, Pemodelan dan Simulasi Dinamika Sistem, Manajemen Operasi, Statistika Multivariat, Riset Operasi (Operations Research), Metodologi Penelitian dalam Teknik Sistem, Analisis Keandalan dan Risiko, dan Pengambilan Keputusan dalam Teknik Sistem.
2

Mata Kuliah Pilihan Anjuran (10 SKS) berisi materi sesuai dengan minat yang diinginkan/dianjurkan ke mahasiswa yaitu Minat Teknik Sistem Energi, Minat Teknik Sistem Industri, dan Minat Teknik Sistem Lingkungan.

 
1
Mata Kuliah Minat Teknik Sistem Energi (10 SKS)
Bagi mahasiswa yang mengambil Minat Teknik Sistem Energi mengambil 5 dari 6 mata kuliah yang disediakan yaitu Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), Survei dan Pemetaan Potensi PLTMH, Sistem Jaringan Tenaga Listrik, Hidrologi dan Ekohidraulika Terapan, Infrastruktur Sistem PLTMH, dan mata kuliah dari berbagai Program Studi di lingkungan Pascasarjana Fakultas Teknik, ataupun di luar Fakultas Teknik yang relevan.
2
Mata Kuliah Minat Teknik Sistem Industri (10 SKS)
Bagi mahasiswa yang mengambil Minat Teknik Sistem Industri mengambil 5 dari 6 mata kuliah yang disediakan yaitu Sistem Industri Kecil dan Menengah (IKM), Potensi Bahan Baku IKM, Teknik Benefisiasi IKM, Teknologi Industri Pangan, Teknologi Industri Sandang dan Papan, dan mata kuliah dari berbagai Program Studi di lingkungan Pascasarjana Fakultas Teknik, ataupun di luar Fakultas Teknik yang relevan.
3
Mata Kuliah Minat Teknik Sistem Lingkungan (10 SKS)
Bagi mahasiswa yang mengambil MinatTeknik SistemLingkunganmengambil 5 dari 6 mata kuliah yang disediakan yaitu Sistem Pengelolaan dan Pemanfaatan Limbah, Identifikasi Potensi Limbah dan Analisis Resiko Pencemaran Lingkungan, Perancangan Instalasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Limbah, Teknologi Pengelolaan dan Pemanfaatan Limbah Padat, Teknologi Pengelolaan dan Pemanfaatan Limbah Cair, dan mata kuliah dari berbagai Program Studi di lingkungan Pascasarjana Fakultas Teknik, ataupun di luar Fakultas Teknik yang relevan.
3
Mata Kuliah Pilihan Bebas (4 SKS). Semua mahasiswa diharuskan mengambil mata kuliah pilihan bebas sebanyak 4 SKS (2 mata kuliah) dari 12 mata kuliah yang ditawarkan. Mata kuliah pilihan bebas ditawarkan adalah: Analisis Ekonomi Teknik dan Kewirausahaan, Teknologi Manufaktur dan Mesin-Mesin Hidraulik, Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan dan Pengembangan Energi/Industri/Lingkungan, Pengelolaan dan Teknologi Penanganan Pencemaran Perairan, Pengelolaan dan Teknologi Penanganan Polusi Udara, Perencanaan Wilayah terkait Pengelolaan dan Pemanfaatan Limbah, Sistem dan Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Angin, Surya dan Panas Bumi, Teknologi Industri Biofuel, Teknologi Industri Kreatif, Teknologi Industri Minyak Atsiri, Teknologi Kendali dan Proteksi Tenaga Listrik, Mata Kuliah dari berbagai Program Studi di Lingkungan Pascasarjana Fakultas Teknik, ataupun di luar Fakultas Teknik yang relevan
4
Tesis (8 SKS) disusun berdasarkan sebuah penelitian yang menekankan pada aspek analisis, perancangan dan penerapan teknik sistem dengan mensinergikan komponen sistem menuju optimalisasi sistem di bidang teknik.