Bahasa :

PANDUAN KEGIATAN ADMISI MTS FT UGM


Diposting tanggal: 21 April 2014

PANDUAN KEGIATAN ADMISI
MAGISTER TEKNIK  SISTEM (MTS)
PROGRAM PASCA SARJANA, FAKULTAS TEKNIK, UGM
(Update 14 Nopember 2013)
 
 I KONSENTRASI YANG DISELENGGARAKAN
  a. Teknik Sistem Energi
b. Teknik Sistem Industri
c.  Teknik Sistem Lingkungan
 II Syarat  Masuk: Lulusan S1 Teknik, SAINS (non kependidikan)
  1. Untuk Lulusan Program Studi Akreditasi A IPK min. 2,5*
2. Untuk Lulusan Program Studi Akreditasi B IPK min. 2,75*
3. Untuk Lulusan Program Studi Akreditasi C IPK min. 3.00*
----------
* Dengan ditunjukan Surat Keputusan / Sertifikat Akreditasi dilegalisir dari Program Studi-  Universitas asal
 III START PERKULIAHAN
  TA. 2014/2015 Semester Ganjil (September Th.2014)
 IV BIAYA  PENDIDIKAN (selama masa studi)
  SPP : Rp. 36.000.000,- (meliputi biaya matrikulasi, biaya SPP 4 semester), dengan rincian:
    Semester 1  : Rp. 9.250.000,-
    Semester 2  : Rp. 9.250.000,-
    Semester 3  : Rp. 9.250.000,-
    Semester 4  : Rp. 8.250.000,-
 V BIAYA PENDAFTARAN S2 : Rp. 500.000,-
  Dimulai tanggal 03 April – 24 Juni 2014
Pendaftaran Online Mulai Tanggal 03 April – 25 Juni 2014
 VI PELUANG BEASISWA
  Bagi yang memenuhi kriteria tertentu sesuai persyaratan yang ditentukan oleh pemberi beasiswa (Beasiswa Unggulan BPKLN Kemdiknas RI), dapat diusulkan untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Biasanya syarat IPK S1 3,25 dan usia dibawah 35 tahun
 VII TES PERSIAPAN SYARAT MASUK PROGRAM S2 DI UGM
   (Dilampirkan bersamaan berkas pendaftaran)
   a. PAPS  (Potensi Akademik Pascasarjana)  http://psikologi.ugm.ac.id/home atau;
       TPA  (Tes Potensi Akademik) http://www.upp-tpa.com/index.php
   b. ACEPT (Academic English Proficiency Tes) http://ppb.ugm.ac.id/   atau;
       International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh idp atau;
       Internet-Based (IBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF atau;
       Computer-Based Test (CBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF atau;
       Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF .
 VIII BERKAS PENDAFTARAN
 
  1. Bukti pendaftaran sebagai pelamar program pascasarjana yang ditandatangani oleh yang bersangkutan dan dilengkapi dengan foto berwarna ukuran 3X4; (Pendaftaran online dapat di bantu admisi Prodi MTS FT UGM);
  2. Foto 3x 4 berwarna 10 lembar;
  3. Fotokopi ijazah tingkat pendidikan sebelumnya yang sah dan legal, dilegalisir oleh institusi penerbit ijazah;
  4. Fotokopi transkrip akademik di pendidikan tingkat sebelumnya yang sah dan legal yang dilegalisir oleh institusi penerbit transkrip;
  5. Fotokopi Sertifikat/bukti akreditasi program studi (akreditasi saat ini) jenjang pendidikan yang terakhir;
  6. Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) atau Tes Potensi Akademik (TPA) BAPENAS yang masih berlaku*) dengan nilai minimal 450;
  7. Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*), dilegalisasi oleh institusi penerbit sertifikat. Sertifikat yang diakui adalah:
    •    Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM, atau;
    •    IELTS dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
    •    TOEFL Internet-Based (IBT) dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
  8. Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik;
  9. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah;
  10. Surat ijin studi dari instansi bagi yang sudah bekerja.
 IX ALAMAT KIRIM BERKAS
  Gedung Program Studi Magister Teknik Sistem (dh.MST) FT UGM
Jl. Teknika Utara No.3 Barek, Yogyakarta 55281
Tlp/Fax. 0274-550404 / 550405
Hp.  Sdri.Dwi Koesmiranti    : 08112550405
       Bpk. Marsin                : 081578550404
X JADWAL KEGIATAN UM PASCASARJANA UGM untuk Semester Gasal TA. 2014/2015
 
  1. Pembayaran biaya pendaftaran : 3 April - 24 Juni 2014
  2. Pendaftaran Semester Gasal TA 2014/2015 : 3 April - 25 Juni 2014
  3. Penerimaan dokumen pendaftaran : 3 April - 26 Juni 2014
  4. Verifikasi dokumen pendaftaran dan pelaksanaan tes substansi (apabila ada) oleh prodi : 27 Juni - 8 Juli 2014
  5. Pengumuman hasil seleksi : 23 Juli 2014
  6. Mulai kegiatan akademik : September 2014
 XI PETUNJUK PEMBAYARAN BIAYA PENDAFTARAN PROGRAM PASCASARJANA
  Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan di Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN dengan kode pembayaran sesuai pada tabel dibawah ini melalui beberapa fasilitas yaitu:
 
Program Kode Pembayaran Biaya Pendaftaran
 S2  981 diikuti dengan tanggal lahir (ddmmyyyy)  500.000,-
  A. Pembayaran melalui teller
 
1 Saudara tidak perlu menggunakan slip setoran, cukup menyebutkan kode pembayaran diikuti dengan tanggal lahir calon pelamar dengan format ddmmyyyy, misalnya: calon pelamar program S2 yang tanggal lahirnya 4 Maret 1981, kode pembayarannya 98104031981
2 Apabila transaksi berhasil dibukukan, teller akan memberikan bukti pembayaran biaya pendaftaran yang memuat password untuk mendaftar secara online di http://um.ugm.ac.id atau melalui Prodi MTS FT UGM
  B. Pembayaran melalui ATM
   ATM Bank Mandiri
 
1 Pada menu utama, pilih 'BAYAR/BELI'
2 Pilih 'MULTIPAYMENT'
3
Masukkan kode universitas: 10005 (UGM)
4
Tekan tombol 'BENAR'
5 Pada isian NIU/No.Peserta, masukkan kode pembayaran diikuti tanggal lahir (ddmmyyyy) Contoh : 98104031997, untuk pembayaran pendaftaran program S2 dengan tanggal lahir 4 Maret 1997
6
Tekan '1', apabila sudah benar atau tekan 'CANCEL' untuk membatalkan
7 Tekan 'YA' untuk melakukan pembayaran atau tekan 'TIDAK' untuk membatalkan
8 Transaksi selesai. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM
9 Setelah transaksi selesai akan keluar Receipt/ Bukti Bayar yang memuat password untuk mendaftar secara online di http://um.ugm.ac.id
   ATM BTN
 
1 Pada menu utama, pilih 'TRANSAKSI LAINNYA'
2 Pilih 'PEMBAYARAN'
3
Pilih 'MULTIPAYMENT'
4
Pilih 'PENDIDIKAN'
5 Masukkan kode institusi + kode pembayaran : 0001009
6
Tekan tombol 'BENAR'
7 Pada isian No. Siswa/Mhs, masukkan kode pembayaran diikuti tanggal lahir (ddmmyyyy) Contoh : 98104031997, untuk pembayaran program S2 dengan tanggal lahir 4 Maret 1997
8 Tekan 'BENAR', apabila sudah benar atau tekan 'SALAH' untuk membatalkan
9
Transaksi selesai. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM
10
Setelah transaksi selesai akan keluar Receipt/ Bukti Bayar yang memuat password untuk mendaftar secara online di http://um.ugm.ac.id
   ATM BNI
 
1 Pada menu utama, pilih 'MENU LAIN'
2 Pilih 'PEMBAYARAN'
3
Pilih 'MENU BERIKUTNYA'
4
Pilih 'UNIVERSITAS'
5 Pilih 'STUDENT PAYMENT CENTER (SPC)'
6

Masukkan Kode Universitas diikuti oleh nomor billing (kode pembayaran diikuti dengan tanggal lahir calon pelamar dengan format ddmmyyyy). Kode Universitas UGM adalah : 8002 Contoh : Tanggal lahir calon pelamar : 4 Maret 1981 Pilihan program studi : S2 Kode Universitas UGM : 8002 Nomor billing yang diinput : 800298104031981

7 Tekan tombol 'BENAR'
8 Apabila benar maka pilih 'YA BAYAR' untuk melakukan pembayaran
9
Kemudian pilih 'TABUNGAN'
10
Setelah transaksi selesai akan keluar Receipt/ Bukti Bayar yang memuat password untuk mendaftar secara online di http://um.ugm.ac.id
   ATM BRI
 
1 Pada menu utama, pilih 'TRANSAKSI LAIN'
2 Pilih 'PEMBAYARAN'
3
Pilih 'PENDIDIKAN'
4
Masukkan kode institusi + kode pembayaran diikuti tanggal lahir (ddmmyyyy): 011XXXddmmyyyy Contoh : 01198104031997, untuk pembayaran program S2 dengan tanggal lahir 4 Maret 1997
5 Tekan tombol 'BENAR'
6

Transaksi selesai. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.

7 Setelah transaksi selesai akan keluar Receipt/ Bukti Bayar yang memuat password untuk mendaftar secara online di http://um.ugm.ac.id
  C. Pembayaran melalui internet banking
  Internet Banking Bank Mandiri
 
1 Log in ke www.bankmandiri.co.id dengan user ID and PIN Internet Banking Mandiri
2
Pada Menu Utama, pilih 'Bayar'
3 Pada Menu Bayar pilih 'Pendidikan'
4
Pada combo box Dari Rekening, pilih rekening yang akan dipakai untuk melakukan transaksi
5
Pada combo box Penyedia Jasa, pilih 10005 Universitas Gadjah Mada
6
Pada combo box NIU/No.Peserta, masukkan kode pembayaran diikuti tanggal lahir (ddmmyyyy) Contoh : 98104031997, untuk pembayaran pendaftaran program S2 (biaya 500rb) dengan tanggal lahir 4 Maret 1997
7
Klik 'Lanjutkan'. Di layar akan tampil jumlah yang harus dibayarkan. Beri tanda(√).
8
Apabila data sudah benar, klik 'Lanjutkan'
9
Masukkan PIN Mandiri (6 digit) sebagaiman atampil di Token PIN Mandiri lalu klik 'Kirim'
10
Tunggu respon dari sistem internet banking mengenai status transaksi. Apabila sukses, Saudara akan mendapatkan nomor transaksi. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.
11
Selanjutnya pilih klik cetak bukti pembayaran untuk cetak bukti pembayaran yang memuat password untuk mendaftar secara online di http://um.ugm.ac.id
  Internet Banking BNI
 
1 Log in pada internet banking personal di https://ibank.bni.co.id/
2
Pada Menu Utama, pilih 'Pembayaran'
3 Pada Menu Pembayaran pilih 'Biaya Pendidikan'
4
Pada Menu Biaya Pendidikan pilih 'Pembayaran'
5
Lengkapi field sebagai berikut lalu klik 'Proses'
 
Field Keterangan
Perguruan Tinggi
Klik dropdown, pilih Universitas Gadjah Mada
Nomor Tagihan*
Input kode pembayaran
Dari Daftar Pembayaran Untuk pembayaran dengan nomor tagihan yang sudah ada pada daftar pembayaran, klik dropdown lalu pilih nomor ID tagihan
Dari Rekening Input Nomor Rekening Tabungan
Klik tombol "key" setelah mengisi kolom-kolom diatas
Klik "key", maka secara otomatis akan muncul challenge number
Masukkan Nomor Respon yang dihasilkan oleh BNI e-Secure
Input challenge number ke dalam token BNI e-Secure

  *) Nomor tagihan pada field pembayaran melalui internet banking sama dengan kode pembayaran melalui teller
6
Input challenge number ke dalam token dan lalu input respon number dari token ke dalam aplikasi.  Klik 'Lanjutkan'
7
Untuk transaksi berhasil ditampilkan layar sebagai berikut: "Transaksi pembayaran berhasil dilakukan"
8
Selanjutnya pilih klik cetak bukti pembayaran untuk cetak bukti pendaftaran yang memuat passworduntuk mendaftar secara online di http://um.ugm.ac.id
 

Sekilas MTS

veenio

Magister Teknik Sistem (MTS) merupakan salah satu program studi magister yang bernaung di bawah Program Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta berdasarkan SK REKTOR NOMOR 223/P/SK/HT/2011 tanggal 1 Juni 2011 dan telah terakreditasi dengan peringkat B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).Nomor SK : 212/SK/BAN-PT/AK-XI/M/X/2013 tertanggal: 19 Oktober 2013

Pada awalnya (2002) merupakan Minat Studi di bawah Program Studi S-2 Teknik Mesin dengan nama Magister Sistem Teknik (MST). Program Magister ini didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan dengan kualifikasi memiliki kemampuan bidang Teknik Sistem yang meliputi kemampuan analisis, skill dan manajerial.

Lulusan program Magister Teknik Sistem (MTS) akan sangat dibutuhkan pada kalangan Industri seperti manufaktur, kimia, jasa dan energi, sedangkan pada pemerintahan akan banyak dibutuhkan pada bidang industri, lingkungan, pangan, sistem pertahanan,layanan kesehatan masyarakat.

Statistik

    Pengunjung hari ini : 16
    Pengunjung Online : 1
    Hits hari ini : 42
    Total pengunjung : 48603
    Total Hits : 177184

 

YOGYAKARTA

Magister Teknik Sistem Jl. Teknika Utara No.3, Barek, Yogyakarta, Indonesia 55281
Phone : (62) (274) 550404, 631182
Fax : (62) (274) 550405, 631183
Hotline : 0856 286 2393,081578550404, 0856 286 2393, 08112550405, 081392320420
e-mail : mts@ugm.ac.id